Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi RAB Semi Otomatis Gratis

Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan sebuah softwere/aplikasi RAB semi otomatis gratis untuk belajar membuat RAB dokumen tender dan penawaran yang akan membuat pekerjaan dalam membuat RAB untuk penawaran tender akan menjali lebih mudah.

Aplikasi RAB Semi Otomatis Gratis
Software RAB Semi Otomatis ini merupakan sebuah program aplikasi berbasis Microsoft Excel untuk membuat penawaran untuk tender rumah, gedung, jalan dan jembatan dan lain-lain. Program ini mencakup :
  1. Rencana Anggaran Biaya(RAB) 
  2. Syarat-syarat penawaran
  3. Analisa harga satuan pekerjaan 
  4. Rekapitulasi AHSP
  5. Bill of Quantity
  6. Rekapitulasi BQ
  7. Harga satuan upah/bahan
  8. Schedule pekerjaan
  9. Schedule mobilisasi tenaga kerja 
  10. Material dan alat 
  11. TKDN
  12. Rekapitulasi total kebutuhan tenaga 
  13. Bahan & alat dan lain-lain yang penghitungannya telah terotomatisasi tanpa Anda harus membuat rumus/ formula lagi.
Aplikasi RAB Semi Otomatis Gratis
Program/ software ini dibuat dalam lembar kerja Microsoft excel 2007 dan bisa dibuka di Microsoft Excel versi selanjutnya dengan berbagai penghitungan yang telah diotomatisasi mulai dari penghitungan Analisa, Bill of Quantity, Rekapitulasi Bill of Quantity, penghitungan TKDN, rekapitulasi total kebutuhan tenaga, bahan & alat dan lain-lain. 

Software/ program RAB semi otomatis ini nantinya akan terus diupdated dan akan dilengkapi dengan Schedule penggunaan tenaga kerja, Schedule penggunaan material, Schedule penggunaaan alat dan rincian biaya dan sumberdaya yang dibutuhkan pada tiap - tiap jenis pekerjaan otomatis.

Kelebihan dan Kelemahan RAB Semi Otomatis Ini

Kelebihan RAB Semi Otomatis :

  1. Penjumlahan setiap analisa secara otomatis
  2. Rekap Analisa Otomatis
  3. Penjumlahan BQ otomatis,
  4. Penjumlahan Rekapitulasi BQ otomatis,
  5. Penghitungan TKDN otomatis,
  6. Rekapitulasi Total Kebutuhan Proyek otomatis (untuk kepentingan internal Kontraktor).
  7. Fungsi terbilang otomatis, jadi Anda tidak perlu kwatir jika penulisan terbilang pada penawaran Anda tidak sama dengan angka penawaran.
  8. Schedule dan kurva S otomatis (dengan hanya mengisi pekerjaan dimulai pada minggu ke berapa dan berapa minggu pekerjaan selesai untuk tiap-tiap jenis pekerjaan),
  9. Analisa bisa menggabungkan hasil 2 analisa atau lebih untuk mengisi 1 item pekerjaan pada BoQ,
  10. Anda bisa memasukkan overhead/profit pada RAB atau mengganti prosentase overhead/profit hanya dengan sekali klik
  11. Dan disediakan juga form laporan keuangan untuk proyek Anda

Kekurangan Sofware RAB Semi Otomatis yaitu:

  • Anda harus mengetik sendiri jenis pekerjaan, judul analisa, koefesien dan nama bahan (Anda hanya mengetik setiap nama bahan satu kali saja selanjutnya Anda mendapatkan kode bahan).

Kenapa RAB Ini Semi Otomatis, bukan Full Otomatis karena:

  1. Kebenaran analisa dan koefesiennya terjamin karena Anda sendiri yang telah mengetiknya secara manual sesuai dokumen lelang/ sesuai SNI yang berlaku dan sesuai kondisi lapangan.
  2. Penghitungan atas gabungan 2 analisa atau lebih bisa Anda lakukan sesuai dengan dokumen lelang atau sesuai kebutuhan jenis pekerjaan yang akan dikerjakan di lapangan.
  3. Menyimpan database berupa ratusan analisa dan ratusan jenis bahan/ material pada sebuah program full otomatis membutuhkan ukuran file yg besar dan ini sangat memberatkan sebuah program/aplikasi khususnya Microsoft Excel.
  4. Dengan Software RAB Semi Otomatis secara tidak langsung Anda akan belajar membuat RAB dan analisanya secara mandiri tanpa harus belajar Microsoft excel secara mendalam dan tidak bergantung pada sebuah program full otomatis.
Bagi yang ingin mendownload RAB Semi Otomatis ini Silahkan download Software RAB SO versi Belajar di bawah ini beserta contoh pengerjaannya

Download RAB Semi Otomatis Gratis



Demikian artikel tentang RAB Semi Otomatis ini, Semoga program/softwere ini dapat bermanfaat bagi teman-teman untuk yang ingin belajar cara membuat RAB atau sedang membuat penawaran tender. Sekian dan Terima kasih. Selamat Belajar.
Terima kasih kepada : RAB MSO